Tips Agar Sayuran Tetap Segar Meski Telah Dimasak

Tips agar sayuran tetap segar meski telah dimasak

Sayuran akan lebih baik jika dikonsumsi dengan keadaan segar, terutama ketika dikonsumsi dalam keadaan tidak dimasak. Namun tidak semua orang menyukai sayuran tanpa proses dimasak terlebih dahulu.

Kali ini Djavaspot akan memberikan tips agar sayuran tetap segar meski telah dimasak, tanpa banyak mengurangi manfaatnya:


Cuci Sayuran Hingga Bersih
Sebelum memasak sayuran kita harus mencucinya hingga bersih. Sayuran yang berjenis daun-daunan seperti bayam, kangkung, brokoli, dan sebagainya sebaiknya dicuci menggunakan air garam. Sedangkan untuk sayuran yang jenisnya umbi dan buah seperti tomat, cabai, wortel, dan sebagainya sebaiknya dicuci pada air yang mengalir.

Taburkan Garam Dan Merica
Jika mengukus sayuran tanpa bumbu, alangkah baiknya tetap taburkan garam dan merica agar sayuran tidak terasa hambar. Agar kesegarannya tetap terjaga kita hanya butuh waktu 5-10 menit saja untuk mengukusnya.

Menumis
Untuk mendapatkan rasa yang renyah dan segar dalam tumisan, seperti kangkung, toge, buncis, dan sejenisnya kita hanya perlu menumisnya 3-4 menit saja kemudian tutup selama 2 menit saja agar bumbu meresap dalam tumisan.

Merebus Sayuran
Ketika merebus sayuran jangan memasukannya ketika air masih dalam keadaan dingin, sebaiknya tunggu hingga air benar-benar panas dan mendidih. Usahakan dalam merebus sayuran hanya dengan waktu yang sangat singkat. Seperti ketika memasak sayur bening, kita hanya perlu waktu 3-4 menit saja atau sesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah sayurannya, untuk merebus sayur untuk pecel kita hanya perlu waktu 2-3 menit saja dan kemudian ditiriskan.

Itulah tips agar sayuran tetap segar meski dimasak, jadi bukan hanya enak dan lezat dalam memasak. Kita juga harus mengutamakan kwalitas gizi dan vitamin dalam masakan kita..

Salam

Ditulis Oleh : Publisher Cirebon ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Tips Agar Sayuran Tetap Segar Meski Telah Dimasak yang ditulis oleh djavaspot yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di djavaspot

0 komentar:

Post a Comment

Back to top