Sekelumit Tentang Gender

Sekelumit Tentang Gender
Oleh: Mamang M. Haerudin

 
Dalam Webster’s New Word Dictionary, gender diartikan sebagai perbedaan yang tampak antara laki-laki dan perempuan dilihat dari segi nilai dan tingkah laku. Prof. Dr. Siti Musdah Mulia, MA  dalam bukunya Muslimah Sejati (2011) sebagaimana tertera dalam Women’s Studies Encyclopedia menjelaskan bahwa gender adalah seperangkat sikap, peran, fungsi, dan tanggung jawab yang melekat pada diri laki-laki dan perempuan akibat bentukan budaya atau pengaruh lingkungan masyarakat dimana manusia tumbuh dan dibesarkan. Lebih lanjut ia menegaskan, bahwa penting sekali memahami terlebih dahulu perbedaan antara jenis kelamin (sex) dan gender. Jenis kelamin (sex) dibedakan berdasarkan faktor-faktor biologis hormonal dan patologis sehingga muncul dikotomi laki-laki dan perempuan. Jenis kelamin laki-laki ditandai dengan adanya penis, testis, dan sperma, sedangkan perempuan mempunyai vagina, payudara, ovum, dan rahim.
Adalah berbeda penggunaan antara istilah seks dan gender, istilah seks lebih merujuk pada jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) dalam bentuk secara biologis, sedangkan gender lebih merujuk pada jenis kelamin dari sudut sosial-budaya yang merujuk pada aspek-aspek yang berkaitan dengan ruang geraknya dalam kehidupan bermasyarakat sebagai pihak yang sama-sama memiliki hak dalam mengekplorasi potensinya di wilayah publik.
Senada dengan hal diatas, Prof. Dr. Nasaruddin Umar, MA  juga memberikan afirmasi soal ini, bahwa gender secara umum digunakan untuk mengidentifikasi perbedaan laki-laki dan perempuan dari segi sosial-budaya. Sementara itu, sex secara umum digunakan untuk mengidentifikasi perbedaan laki-laki dan perempuan dari segi anatomi biologi. Ia melanjutkan bahwa studi gender lebih menekankan perkembangan aspek maskulinitas (masculinity/rujuliyah) atau feminitas (feminity/nisa’iyah) seseorang. Berbeda dengan studi seks yang lebih menekankan perkembangan aspek biologis dan komposisi kimia dalam tubuh laki-laki (maleness/zhukurah) dan perempuan (femaleness/unutsah).
Ringkasnya, seks adalah sesuatu hal yang kodrati, dengan kata lain ia tidak dapat dirubah atau berubah dari waktu ke waktu. Sedangkan gender merupakan sesuatu hal yang bersifat socially-constructed (dibentuk secara sosial), yang sifatnya bisa dirubah dan berubah dari waktu ke waktu. Dengan demikian, kedudukan perempuan dan laki-laki dalam wilayah gender adalah sama dan setara, sama-sama memiliki potensi baik secara intelektual, emosional maupun spiritual.
Salam

Ditulis Oleh : Publisher Cirebon ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Sekelumit Tentang Gender yang ditulis oleh djavaspot yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di djavaspot

0 komentar:

Post a Comment

Back to top